Wednesday 8 August 2018

Kampus asik dan asri di Kota Malang


Kampus swasta unggulan dikota yang dikenal sebagai kota pendidikan menjadi pilihan tepat, kampus dengan akreditasi A dari Dikti sudah cukup menguatkan hati untuk segera mengikuti seleksi. Belum lagi Organisasi dan kegiatan mahasiswa didalamnya yang sangat keren , ada kelas international nya juga jadi sudah dipastikan kita akan banyak melihat pelajar dari luar negeri yang sedang menyelesaikan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang.

Kampus yang ditata dengan sangat indah penuh bungan dan taman, bertujuan membuat mahasiswa nyaman dan betah berlama lama dikampus, seluruh fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa tersedia dari Gazebo,Taman,Kantin,Wifi,Sepeda,Ruang Kelas,Laborat,Gedung Khusus Mahasiswa dll.

Program Diploma 3 (D3)
Terdiri dari 3 Program Diploma, antara lain:
  • Program D-3 Keperawatan (terakreditasi B)
  • Program D-3 Teknik Elektro (terakreditasi B)
  • Program D-3 Keuangan dan Perbankan (terakreditasi A)
Program Sarjana (S1)
Terdapat 10 Fakuktas yang terdiri dari 35 Program Studi Sarjana, antara lain:
  • Fakultas Agama Islam
  1. Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) (terakreditasi A)
  2. Pendidikan Bahasa Arab (Proses Akreditasi)
  3. Ahwal Al-Syakhshiyah (Syari’ah) (terakreditasi A)
  4. Ekonomi Syari’ah (terakreditasi C)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  1. Ilmu Kesejahteraan Sosial (KESOS) (terakreditasi A)
  2. Ilmu Komunikasi (terakreditasi A)
  3. Ilmu Pemerintahan (terakreditasi A)
  4. Sosiologi (terakreditasi A)
  5. Ilmu Hubungan Internasional (HI) (terakreditasi A)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  1. Manajemen (terakreditasi B)
  2. Akuntansi (terakreditasi A)
  3. Ekonomi Pembangunan (terakreditasi B)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  1. Pendidikan Matematika (terakreditasi B)
  2. Pendidikan Biologi (terakreditasi A)
  3. Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (terakreditasi B)
  4. Pend. Pancasila & Kewarganegaraan (terakreditasi B)
  5. Pendidikan Bahasa Inggris (terakreditasi B)
  6. Pend. Guru Sekolah Dasar (PGSD) (terakreditasi B)
  • Fakultas Teknik
  1. Teknik Mesin (terakreditasi B)
  2. Teknik Sipil (terakreditasi B)
  3. Teknik Elektro (terakreditasi B)
  4. Teknik Industri (terakreditasi B)
  5. Teknik Informatika (terakreditasi B)
  • Fakultas Pertanian dan Peternakan
  1. Agroteknologi / Agronomi (terakreditasi A)
  2. Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) (terakreditasi B)
  3. Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) (terakreditasi A)
  4. Kehutanan (terakreditasi B)
  5. Peternakan (terakreditasi A)
  6. Budidaya Perairan (Perikanan) (terakreditasi A)
  • Fakultas Psikologi
  1. Psikologi (terakreditasi A)
  • Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum (terakreditasi A)
  • Fakultas Kedokteran
  1. Pendidikan Dokter (terakreditasi B)
  • Fakultas Ilmu Kesehatan
  1. Ilmu Keperawatan (terakreditasi C)
  2. Farmasi (terakreditasi B)
  3. Fisioterapi (terakreditasi C)
Program Magister (S2)
Terdiri dari 9 Program Magister, antara lain:
  • Magister Manajemen (terakreditasi B)
  • Magister Ilmu Agama Islam (terakreditasi A)
  • Magister Hukum (terakreditasi A)
  • Magister Kebijakan & Pengembangan Pendidikan (terakreditasi B)
  • Magister Psikologi (terakreditasi B)
  • Magister Sosiologi (terakreditasi A)
  • Magister Agribisnis (terakreditasi A)
  • Magister Pendidikan Matematika (terakreditasi C)
  • Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (terakreditasi B)
Program Doktoral (S3)
Terdiri dari 3 Program Doktoral, antara lain:
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (terakreditasi C)
  • Pendidikan Agama Islam (terakreditasi C)
  • Ilmu Pertanian (Proses Akreditasi)
Pendidikan Profesi
Terdiri dari 7 Program Pendidikan Profesi, antara lain:
  • Dokter (dr.)
  • Perawat / Profesi Ners (Ns.)
  • Farmasi
  • Akuntansi / Profesi Akuntan (Ak.)
  • Pendidikan Advokat
  • Fisioterapis (Physio)
  • Psikolog (M.Psi)


Naahhh…. Banyak nggak tuh…binggung kan milihnya? Heeheee nggak usah bingung , mau pilih jurusan sesuain aja sama minat dan bakat kalian pasti dijamin ntar enak deeh ngejalanin kuliahnya. Itu mengenai jurusan aja yaa guys… kalau mengenai lainnya tentunya masih banyak lagi . pokoknya nggak nyesel deh ….. kuliah di UMM. Apalagi kalau masih jadi maba , buaanyyakk,….. banget kegiatannya . emang ribet dan capek banget kalau jadi Maba . aku kasih tau yaaa kegiatan apa aja yang mesti dijalanin sebelum resmi jadi mahasiswa UMM. Cekidot…
  1. Tes Toefl Lokal Ala UMM
Semakin berkembangnya zaman, bahasa internasional wajib dikuasai oleh masyarakat terutama mahasiswa yang nantinya akan menjadi generasi penerus para pendahulu agar dapat mengembangkan segala sesuatu di Indonesia kearah yang lebih baik.
Setelah dinyatakan lolos dari ujian seleksi UMM, mahasiswa baru harus mengikuti ujian layaknya tes TOEFL akan tetapi dengan standar yang dibuat oleh tim LC (Language Center) UMM. Tes english ini berupa pilihan ganda yang termasuk didalamnya soal reading (membaca) dan Listening (Mendengarkan). Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kah penguasaan bahasa inggris mahasiswa baru UMM. Tes ini tidak berpengaruh pada penilaian ujian masuk, sehingga bagi maba nggak usah terlalu khawatir menghadapi tes ini di UMM, toh sudah diterima dan sudah bayar herregistrasi kan ? . heheh .
  1. Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PESMABA)
Ospek atau orientasi peserta didik baru dikalangan universitas ini adalah momok yang paling menakutkan bagi mahasiswa baru, apa pasal ? sebab dari dulu banyak sekali pemberitaan di banyak media adanya tindakan penganiayaan bagi mahasiswa baru ketika mengikuti ospek. baru-baru ini terdengar berita adanya mahasiswa baru meninggal dunia saat penyelenggaraan ospek di suatu perguruan tinggi.
Jangan resah dan jangan risau menghadapi pesmaba di UMM, sebab pesmaba di UMM beda daripada yang lain, Pesmaba di UMM dibagi menjadi dua yaitu universitariat dan fakultariat. Pesmaba universitariat termasuk dalam pembukaan dan penutupan pesmaba di UMM Dome yang mampu menampung lebih dari 7000 orang. Sedangkan fakultariat diselenggarakan selama 4 hari senin-kamis di tempat fakultas masing-masing. Pokoknya Pesmaba di UMM seru bingiiitsszz deh .
Nyanyian dari bapak Rektor Dr. Muhadjir Effendi, M.AP. ketika membuka acara Pesmaba UMM 2014
“Kau begitu sempurna, dimataku kau begitu indah
kau membuat diriku akan selalu memujamu
disetiap langkahku, ku kan selalu memikirkan dirimu
tak bisa ku bayangkan hidupku tanpa cintamu
janganlah kau tinggalkan diriku
takkan mampu menghadapi semua
hanya bersamamu ku akan bisa
Reff :
UMM lah darahku, UMM lah jantungku
UMM hidupku, lengkapi diriku
UMM engkau begitu … Sempurnaaaa
Pesmaba ini adalah syarat untuk mengikuti ujian akhir skripsi, dan bagi yang tidak lulus pesmaba, diwajibkan mengulang tahun berikutnya.
  1. Student Day
Student Day adalah bagian dari banyaknya agenda maba di UMM. Student day adalah acara yang diadakan disetiap fakultas setiap hari sabtu atau minggu tergantung dari fakultas masing-masing. Acara pembukaan student day dibuka di helyped UMM dan dilanjutkan dengan acara jalan sehat bersama yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMM,panitia fakultas, dan panitia Student day Universitas. Student day ini bertujuan untuk menjalin hubungan kekompakan dan saling mengenal antar setiap jurusan di masing-masing fakultas. Acaranya tergantung dari panitia fakultas, ada yang diisi dengan Lomba antar jurusan, seminar, talkshow dll selama 1 semester. Kebayang kan sabtu atau minggu ada acara selama 1 semester ? . Student day ini adalah syarat untuk mengikuti ujian akhir skripsi, jadi bagi yang jarang datang otomatis nggak akan lulus dan harus mengulang tahun berikutnya.  dan ini hanya ada di UMM. We Love UMM
  1. Pelatihan Aplikasi Teknologi dan Informasi (PATI)
Pelatihan aplikasi teknologi dan informasi atau biasa dikenal dengan istilah PATI ini, adalah agenda mahasiswa baru disela-sela agenda yang lainnya, Pelatihan ini dibagi menjadi beberapa gelombang, dan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMM. PATI dilaksanakan selama 6 hari dimulai pada hari senin-sabtu. Dan tak kalah kerennya lagi, setiap selesai pelatihan, mahasiswa diberi tugas bermacam-macam terkait dengan materi yang telah dipelajari serta diwajibkan menjawab soal quiz secara online di website PATI sendiri (Ini nih yang bikin ribet, mau nggak mau kita harus belajar). Dan diakhir pertemuan diumumkanlah mahasiswa yang lolos maupun tidak lolos. mahasiswa yang lulus akan diberikan sertifikat sebagai syarat untuk ujian skripsi nantinya sedangkan yang tidak lulus wajib mengulang pada pelaksanaan PATI tahun berikutnya .
  1. Pelatihan Perpustakaan
Pelatihan perpustakaan bertujuan agar mahasiswa baru dapat mengetahui tata cara peminjaman buku, ketentuan-ketentuan pelayanan perpustakaan, peraturan-peraturan perpustakaan dll. Pelatihan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMM, sebab pada pelatihan ini, akan diaktifkan barcode dan Pic KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang nantinya dapat digunakan untuk masuk ke dalam perpustakaan dan memakai fasilitas hotspot di area kampus. Perpustakaan UMM meyediakan fasilitas OPAC (Online Public Acces Catalog), Digital Library, Pojok Rekreasi, Audio Visual, Kantin dll. UMM Mempunyai 4 perpustakaan, diantaranya Perpustakaan pusat yang berada di Kampus III UMM, Perpustakaan Masjid AR Fachrudin, terletak di Kampus III UMM, Perpustakaan kampus II yang menyediakan buku-buku tentang Ilmu Kesehatan dan Kedokteran, serta perpustakaan Pascasarjana yang terletak di kampus I.
  1. Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK)
Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan atau biasa disingkat dengan P2KK ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UMM selama 6 hari, dimulai pada hari senin-sabtu. Program ini adalah program yang memiliki banyak sekali peraturan, diantaranya mahasiswa wajib bermukim di Rumah susun mahasiswa (RUSUNAWA), dilarang membawa alat electronik seperti Hp,Mp3, tablet dll, dilarang berambut gondrong bagi laki-laki, sholat wajib berjama’ah, dilarang masuk kamar selama materi berlangsung, dilarang membuka kamar ataupun jendela pada saat ada dikamar dll.. Agenda di P2KK setiap harinya begitu padat, mulai dari sholat malam (tahajjud) jam 03.00 pagi sampai materi terakhir pada jam 10.00 Malam. Program ini wajib diikuti mahasiswa baru baik muslim maupun non muslim. P2KK diikuti oleh maba sesuai jadwal yang telah ditentukan, setiap angkatan P2KK diikuti oleh sekitar 270 Mahasiswa putra putri. Tidak hanya materi didalam kelas saja, P2KK juga memiliki agenda lain seperti Out Bond, Praktek materi (Sholat jenazah, Bahasa Inggris, Tadarus, Kultum dll), serta yang tak kalah serunya adalah betle Yel.
P2KK adalah, salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir skripsi, jadi bagi yang tidak lulus wajib mengikuti dipenyelenggaraan P2KK tahun berikutnya.
  1. Kuliah Ahad Pagi
Sebenarnya kuliah ahad pagi (KAP) adalah agenda seluruh mahasiswa UMM, tapi kuliah ahad pagi ini mulai diikuti dari mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Materi KAP berupa keislaman yang diadakan setiap hari ahad/minggu di dua tempat yaitu masjid utama AR Fachrudin UMM dan di masjid rumah sakit umm, yakni Masjid KHM. Bedjo Darmoleksono. Jadi, bagi mahasiswa non muslim memiliki agenda lain yang sudah ditetapkan oleh universitas. Dalam kegiatan ini, mahasiswa wajib meresume materi yang disampaikan oleh pemateri. Setidaknya mahasiswa wajib mengikuti sebanyak 3 kali pertemuan.
  1. Tes Baca Tulis Qur’an (BTQ)
Tes BTQ merupakan agenda dari mahasiswa baru UMM, Tes BTQ ini bertujuan mengetahui kemampuan mahasiswa baru dalam membaca al-qur’an dan menulis al-qur’an . Tes BTQ ini mencakup tes tulis dan tes lisan, dimana soal-soal yang dikeluarkan meliputi, tajwid, hukum bacaan, makhorijul huruf dll. Bagi mahasiswa yang tidak lulus tes btq ini wajib mengikuti bimbingan BTQ selama 1 semester.
Nahhhh….. itulah suka duka mahasiswa baru UMM , tapi tenang aja , kegiatannya nggak rugi kok guys kalau diikutin . justru malah rugi kalau kita nggak ikutan karena kegiatannya bermanfaat banget buat kita kedepannya. Itu dulu ya guys info dari aku seputar UMM